Koleksi Album NOAH
...

Full Album NOAH - Second Chance
Lihat Album
...

Full Album NOAH - Seperti Seharusnya
Lihat Album
...

Full Album NOAH - Sings Legends
Lihat Album
Koleksi Foto NOAH
Biografi NOAH
Noah (sebelumnya bernama Peterpan; nama digayakan dengan huruf kapital semua) adalah sebuah grup musik rock alternatif Indonesia yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Grup musik ini dibentuk dengan nama Peterpan oleh Ariel (vokal), Andika (kibor), Indra (bas), Lukman (gitar utama), Reza (drum) dan Uki (gitar ritme) pada tanggal 1 September 2000. Lebih dari sembilan juta album telah terjual di Indonesia, yang menjadikan Noah sebagai band rock alternatif terlaris di negara ini. Musik mereka pada umumnya bergenre rock alternatif dan pop rock dan kebanyakan lagu mereka ditulis oleh sang vokalis, Ariel. Noah saat ini terdiri dari Ariel, Lukman, dan David.

Setelah mengawali karier mereka dengan tampil di kafe, Peterpan mulai dikenal pada tahun 2002 berkat lagu debut mereka "Mimpi yang Sempurna". Ini diikuti dengan dirilisnya album perdana mereka Taman Langit pada tahun 2003. Album kedua mereka, Bintang di Surga (2004), merupakan salah satu album terlaris di Indonesia dengan penjualan tiga juta kopi. Pada 8 Oktober 2006, Andika dan Indra keluar dari grup musik ini. Pada pertengahan tahun 2008, David (kibor) diangkat menjadi personel resmi setelah sebelumnya menjadi pemain tambahan. Karena Andika dan Indra keberatan apabila grup musik ini masih bernama Peterpan, maka Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David setuju melepaskan nama Peterpan pada tahun 2009. Mereka berencana meluncurkan nama dan album mereka pada tahun 2010, tetapi rencana tersebut tertunda karena Ariel ditahan pada tahun itu atas kasus video porno yang melibatkan dirinya. Selama Ariel dipenjara, grup musik ini tetap bermusik bersama hingga menghasilkan album instrumental Suara Lainnya yang dirilis pada Mei 2012.

Setelah Ariel bebas pada 23 Juli 2012, Ariel, Uki, Lukman, Reza dan David mengumumkan nama baru grup musik mereka, yaitu Noah, pada 2 Agustus 2012. Ini diikuti dengan peluncuran singel perdana Noah "Separuh Aku" pada 3 Agustus 2012 dan album perdana Noah Seperti Seharusnya pada September 2012. Album perdana Noah terbilang sukses dengan penjualan di atas satu juta kopi. Album kedua Noah, Second Chance (2014), terdiri dari tiga lagu baru yang diproduseri oleh produser dari Inggris, Steve Lillywhite, dan aransemen ulang lagu-lagu Peterpan. Pada awal tahun 2015, Reza mengundurkan diri dari grup musik ini setelah album Second Chance diluncurkan. Kemudian pada tahun 2019, Uki resmi mengundurkan diri dari Noah setelah peluncuran album Keterkaitan Keterikatan.

Diskografi Noah mencakup di antaranya 10 album, tiga di antaranya–Bintang di Surga (2004), OST Alexandria (2005), dan Seperti Seharusnya (2012)–terjual lebih dari satu juta kopi. Noah juga telah menerima berbagai penghargaan selama karier mereka, di antaranya tiga penghargaan Anugerah Musik Indonesia untuk Album Terbaik-Terbaik, dua penghargaan MTV Asia Awards, dan dua nominasi pada MTV Europe Music Awards.

Pada tahun 1996, Andika (kibor) membentuk grup musik bernama Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMA Negeri 2 Bandung, Uki (gitar), Afrian (gitar), serta teman mainnya, Abel (bass) dan Ari (drum). Uki pun mengajak teman SMP-nya, Ariel, untuk mengisi posisi vokal. Dengan formasi seperti tersebut, mereka mulai manggung di kafe-kafe Bandung. Genre yang dimainkan adalah musik beraliran Brits alternatif. Kemudian pada tahun 1998, Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa sebab yang pasti.

Pada tahun 2000, Andika mengumpulkan kembali personel Topi dengan nama baru, Universe. Namun kali ini posisi drum dipegang oleh Reza yang merupakan teman satu band dengan Indra (bassis) di Second Act. Posisi gitaris utama diisi oleh Nendy. Band tersebut lolos audisi untuk tampil di kafe O'Hara. Tetapi, anggota band lainnya merasa permainan gitar Nendy masih ada yang kurang, Ariel kemudian mengusulkan nama Lukman, anggota band lainnya pun menyetujuinya. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melodi, maka diajaklah Lukman, teman kakak Indra yang akhirnya menjadi gitaris utama menggantikan Nendy.

Setelah terbentuk dengan formasi enam orang tersebut, Andika kemudian mengubah nama bandnya lagi menjadi Peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi Peterpan terbentuk. Ariel mengatakan bahwa nama Peterpan tersebut diambil dari nama sebuah warung sate kelinci di pinggir jalan sekitar daerah Puncak, Bogor. Cerita singkatnya, Andika sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Bandung bersama ibunya melalui Puncak. Andika memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu dan singgah di sebuah warung sate kelinci untuk makan. Nama warung tersebut adalah Peterpan. Kemudian Andika mengusulkan nama tersebut untuk nama grup musiknya yang baru.
Sitemap